Wednesday, June 8, 2011

 
 FACEBOOK SEBAGAI PRANATA SOSIAL: PENDEKATAN FUNGSIONAL BAGI KOMUNITAS ALUMNI SEKOLAH TRIGUNA UTAMA ANGKATAN 2008
PENDAHULUAN
            Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
            Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan orang untuk saling berkomunikasi. Penyampaian informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
            Nah di internet juga terdapat beberapa fasilitas didalamnya yaitu. Google, Facebook, Youtube, Yahoo dan Twiter. Dalam makalah ini saya akan membahas tentang Fungsi dan Disfungsi Media Facebook terhadap Komunitas Alumni SMA Triguna Utama.

Pembahasan
A.     Pengertian Pranata Sosial
Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat. Pranata sosial berasal dari bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada beberapa ahli sosiologi salah satunya Soerjono Soekanto yang mengartikannya sebagai lembaga kemasyarakatan. Lembaga kemasyarakatan diartikan sebagai himpunan norma dari berbagai tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan bermasyarakat.
Proses ini merupakan proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama, norma-norma tersebut kemudian membentuk sistem norma yang kita kenal sebagai pranata sosial. Proses sejumlah norma menjadi pranata social disebut pelembagaan atau institusionalisasi. Oleh karena itu pranata social sering di sebut juga sebagai lembaga social.[1]Banyak organisasi sosial dalam kehidupan suatu masyarakat ditentukan oleh besarnya masyarakat tersebut. Semakin besar populasi suatu masyarakat, semakin banyak pula organisasi sosial yang ada di dalamnya.
Soemardjan dan soemardi (1967) mengartikan institusi sosial sebagai semua norma dari segala tingkatan yang  berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat. Kebutuhan pokok itu biasanya terletak dalam salah satu bidang kehidupan masyarakat, misalnya dalam bidang pendidikan, agama, politik dan sebagainya.
Institusi sosial mempunyai kegunaan utama sebagai alat pengamatan masyarakat (control social) karena dengan mengetahui adanya institusi sosial, setiap orang dapat mengatur prilakunya menurut kehendak masyarakat.
Meskipun pranata sosial merupakan sistem norma, tetapi pranata sosial yang ada di masyarakat memiliki ciri serta kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan norma sosial. Adapun ciri atau karakteristik pranata sosial adalah meliputi hal-hal berikut: Setiap pranata sosial pada umumnya memiliki lambang-lambang atau simbol-simbol yang terwujud dalam tulisan, gambar yang memiliki makna serta menggambarkan tujuan dan fungsi pranata yang bersangkutan, memiliki tata tertib atau aturan, memiliki tujuan, memiliki nilai. memiliki usia yang relatif lama dan memiliki alat kelengkapan seperti sarana dan prasarana yang digunakan untuk mencapai tujuan, misalnya mesin atau alat produksi pada suatu kantor media massa.[2]
B.     Pengertian Facebook
Facebook yaitu sebuah perusahan website besar dunia yang bergerak di bidang jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas, misalnya kota, komunitas kerja, sekolah, dan komunitas lainnya, untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan satu dan yang lainnya dan yang menarik lagi facebook juga dapat digunakan untuk chatting. Penggunapun dapat melakukan penambahan teman sebanyak mungkin kedalam daftar teman mereka agar dapat saling mengetahui status pembaruan mereka, facebook-pun memberikan hak penuh atas akun yang terdaftar dengan catatan tidak melanggar perundang-undangan yang berlaku.
Siapa sih yang tidak mengenal facebook dari anak-anak, yang muda sampai yang tua-pun, Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School yang awal mulanya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan kemudian , keanggotaan facebook diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League,
Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, dan sampai sekarang meluas keselutuh dunia. Dimana seseorang yang memiliki alamat email dan bahkan cukup memiliki no henfon yang masih aktif pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah.
Facebook mulai menemui masalah dalam beberapa tahun belakangan seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalah gunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Juga masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerber telah mencuri kode program dari teman-temanya untuk membuat Facebook.
Yang mengagumkan lagi Facebook pernah ditawar oleh perusahaan yahoo senilai $.1 miliar dan oleh seorang anggota dewan Facebook, menunjukkan bahwa Facebook internal valuation adalah sekitar $.8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan sebesar $.1 miliar pada tahun 2015. Peringkat Facebook menempati urutan ke 6 situs yang paling banyak di akses di indonesia dan urutan ke 5 untuk seluruh dunia.
C.     Pengertian Komunitas
Istilah kata Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang.[3] Jadi pengertian Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Kertajaya Hermawan, 2008).
Proses pembentukannya bersifat horisontal karena dilakukan oleh individu-individu yang kedudukannya setara. Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional (Soenarno, 2002). Kekuatan pengikat suatu komunitas, terutama, adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sosialnya yang biasanya, didasarkan atas kesamaan latar belakang budaya, ideologi, dan sosial.[4]
D.    Pengertian Fungsi
Fungsi ialah peran atau sesuatu yang diperankan oleh suatu hal dalam kegiatan pihak lain. Dan komunikasi massa mempunyai fungsi dalam kehidupan masyarakat. Dengan analisis tersebut Wright mengkaji fungsi-fungsi komunikasi massa dalam kehidupan perorangan anggota masyarakat (individual), kelompok (grup), dan masyarakat secara keseluruhan (society), baik yang terlihat nyata (manifest), maupun yang tidak kelihatan nyata namun berlangsung (latent). Fungsi-fungsi tadi pertama-tama dikelompokan menjadi yang berfungsi (functions) dan yang disfungsi (dysfunctions).[5]

1.      Pendekatan fungsional media facebook bagi komunitas alumi triguna
Kita ketahui bahwa masa SMA adalah masa yang paling indah. Tentu kita hanya merasakannya sekali dalam seumur hidup kita. Saya bersekolah di SMA TRIGUNA UTAMA CIPUTAT Sekolah yang terletak dijalan Ir. H. Juanda KM 2 Ciputat, Tanggerang.
Setelelah lulus sekolah tentu kita jarang bertemu dengan teman-teman kita di SMA dahulu. Maka dari itu teman saya yang bernama Rahmat warman dan Irwan membuat situs jejaring sosial di facebook yang bernama MANACE 2008, yang diperuntungkan bagi komunitas alumi triguna angkatan 2008.
Di komunitas Manance 2008 ini kita bisa curhat-curhatan, menayai kabar teman-teman kita sampai chating pun bisa dilakukan di komunitas ini. Selain curhat, menayakan kabar, dan chating. Di komunitas Manace 2008 ini juga memberitahu tentang info-info yang ada di sekolah Sma Triguna. Misalnya waktu itu di Triguna ada acara pentas seni, kan banyak yang tidak tahu tuh di karenakan rumah mereka jauh atau pun punya kesibukan masing-masing.
Salah satu anggota Manace 2008 bernama Rahman Hilmi memposting info adanya pentas seni di Triguna melalui facebook komunitas Manace 2008. Dan akhirnya info tersebut di ketahui oleh seluruh anggota komunitas Manace 2008. Nah dari situlah terjadi obrolan-obrolan hangat mengenai pentas seni yang berlangsung nanti dan membicarakan pada dateng ga nih keacara pentas seni tersebut. Maka dengan adanya komunitas facebook 2008 ini kita jadi tahu berbagai info tentang sekolah triguna sampai info-info lamaran kerja pun ada disini. Tapi untuk info lamaran kerja ini biasanya rahmat memdapatkan infonya dari website sekolah triguna, lalu ia posting ke Manace 2008. 
Nah disini lah terjadi pendekatan fungsional antara saya pribadi dengan komunitas saya di Manace 2008. Karena dengan adaya komunitas ini di facebook saya jadi tahu berita-berita ter update tentang sekolah SMA saya dulu, sampai keadaan teman-teman saya di SMA. Karena sebelum adanya komunitas Manace 2008 ini saya cukup kesulitan untuk mengetahui kabar taman-teman saya di SMA. Walaupun ada Handphone, saya kesulitan untuk menghubungi mereka di karenakan ada beberapa teman saya yang mengganti no Hpnya dan tidak memberitahukan kepada saya. Maka dari itu dengan adanya komunitas manace 2008 ini saya tidak perlu menghubungi mereka lewat Hp. Cukup saya tulis saja di Dinding facebook komunitas Manace 2008. Lalu teman-teman tahu deh apa yang saya tulis.
2.      Mewawancarai Bapak Drs Sajiko Guru SMA Triguna Utama Mengenai Fungsi dan Disfungsi Media Facebook Bagi Komunitas Manace 2008 (Alumni SMA Triguna Utama)
Pada kesempatan kali ini saya mewawancarai Drs Sajiko salah satu guru SMA triguna utama. Apa sih pendapat beliau tentag fungsi dan disfungsi media massa facebook bagi komunitas manace 2008.
Beliau mengatakan bahwa Facebook merupakan bentuk sosialisasi, komunikasi, rekreasi, chatting, dan lain-lain dan menjangkau banyak orang. Bentuk sosialisasi di facebook bisa dirasakan oleh para penguna facebook. Dari hari ke hari pengguna facebok semakin bertambah karena semakin banyak pula orang yang ingin tahu apa saja yang ada di komunitas facebook, selain untuk chatting, hal apa saja yang bisa dilakukan dalam komunitas facebook.
3.      Fungsi Facebook
            Dalam penggunaannya sendiri, facebook bisa dikatakan dapat memberikan fungsi dan disfungsi bagi seseorang atau komunitas. Fungsi yang dapat dirasakan oleh para pengguna facebook selain untuk sarana bersosialisasi, komunikasi, rekreasi, chatting, dan berkomunikasi dengan teman lama. Facebook pun berfungsi untuk sarana berdiskusi, mempererat silahturahmi, mengingat teman lam dan sebagai media promosi.
4.      Disfungsi Facebook
Sedangkan untuk Disfungsinya sendiri Drs Sajiko Mengatakan bahwa disfungsi dari facebook komunitas Manace 2008 ialah, Disfungsi facebook semakin hari semakin terasa, meski pun para facebookers banyak yang tidak menyadari akan pengaruh negatif facebook ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan yang namanya facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya.
Menurut beliau ada beberapa dampak negatif facebook bagi komunitas manace 2008 ini, ialah facebook yaitu membuat orang menjadi malas belajar karena ia sibuk dengan komunitasnya tersebut. Selain itu, dampak negatif lainnya, adanya penyimpangan-penyimpangan perilaku yang dilakukan para pengguna facebook. Bisa saja penyimpangan perilaku tersebut mengatas namakan komunitas yang kalian buat, yaitu komunitas manace 2008. Nah itukan bisa menjadi masalah yang besar tentunya. Karena perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada pada masyarakat. Sebenarnya dampak negatif itu tidak akan didapatkan apabila pengguna facebook tersebut berhati-hati atau bijaksana dalam mengaplikasikan fungsi dari facebook itu sendiri. Dan adanya kesalah pahaman status yang kalian tulis di dinding manace 2008, contohnya kalian menulis sesuatu yang bertujuan untuk menghibur teman kalian. Tapi ditulisan tersebut ada terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan teman kalian. Tentu akan menjadi perselisihan kan di komunitas kalian. Jadi dalam berkomunitas itu tidak selamanya ada kesenangan atau hiburan. Ada kalanya terjadi salah persepsi di dalam komunitas tersebut.


KESIMPULAN
Facebook yaitu sebuah perusahan website besar dunia yang bergerak di bidang jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas, misalnya kota, komunitas kerja, sekolah, dan komunitas lainnya, untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan satu dan yang lainnya dan yang menarik lagi facebook juga dapat digunakan untuk chatting.
Pada tanggal 4 Februari oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School yang awal mulanya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan kemudian , keanggotaan facebook diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Saya mewawancarai Drs Sajiko salah satu guru SMA triguna utama. Apa sih pendapat beliau tentang fungsi dan disfungsi media massa facebook bagi komunitas manace 2008. Fungsi yang dapat dirasakan oleh para pengguna facebook selain untuk sarana bersosialisasi, komunikasi, rekreasi, chatting, dan berkomunikasi dengan teman lama. Facebook pun berfungsi untuk sarana berdiskusi, mempererat silahturahmi, mengingat teman lama dan sebagai media promosi.
Sedangkan untuk Disfungsinya sendiri Drs Sajiko Mengatakan bahwa disfungsi dari facebook komunitas Manace 2008 ialah, adanya penyimpangan-penyimpangan perilaku yang dilakukan para pengguna facebook. Bisa saja penyimpangan perilaku tersebut mengatas namakan komunitas yang kalian buat, yaitu komunitas manace 2008. Nah itukan bisa menjadi masalah yang besar tentunya. Dan adanya kesalah pahaman status yang kalian tulis di dinding manace 2008, contohnya kalian menulis sesuatu yang bertujuan untuk menghibur teman kalian. Tapi ditulisan tersebut ada terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan teman kalian. Tentu akan menjadi perselisihan kan di komunitas kalian. Jadi dalam berkomunitas itu tidak selamanya ada kesenangan atau hiburan. Ada kalanya terjadi salah persepsi di dalam komunitas tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
v     www.crayonpedia.org
v     Nasution Zulkarimein, 2004.Sosiologi Komunikasi Massa, Jakarta: Universitas terbuka
v     Waluya Bagja,2007.Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di masyarakat, bandung: PT setia Puma Inves


[1] Bagja Waluya, Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di masyarakat, PT setia Puma Inves Bandung: 2007, hal 34
[2] www.crayonpedia.org
[5] Zulkarimein Nasution, Sosiologi Komunikasi Massa, Jakarta:2004, hal  3.2