Wednesday, June 8, 2011


MEDIA MASSA SEBAGAI SISTEM SOSIAL, PENDEKATAN ORGANISASI TERHADAP PRODUKSI PROGRAM INDIE BAND DI 107.7 RDK FM
BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan industri radio sangat pesat di era globalisasi sekarang ini Tepatnya, dimana reformasi bergabung dan segala kreatifitas tanpa batas, sesaat setelah dipenjara selama lebih-kurang tiga decade. Ide-ide untuk mendirikan stasion radio pun subur dimana-mana, sebab tidak terkekang lagi dengan  Surat Keputusan (SK) Menteri Penerangan, yang susah dan harus mengikuti kaidah Orde Baru.
Mahasiswa, sebagai agent of change bukan hanya menerima teori-teori yang melelahkan di bangku kuliah. Mahasiswa komunikasi bukan hanya butuh teori, namun juga life skill yang ditunjang dengan laboratorium.
Laboratorium radio, merupakan wadah untuk menampung aspirasi dan kebutuhan mahasiswa serta pengembangan life skill, khususnya mahasiswa Dakwah dan Komunikasi.
Pertarungan di era globalisasi bukan saja dalam kemampuan fisik, namun juga ghozwul fikri atau perang pemikiran, yang tentunya ditunjang dengan life skill  yang ada.
Dalam pengembangan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi kedepan perlunya media penunjang sebagai tempat untuk mencetak kader-kader muda yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini yang sarat dengan teknologi canggih. Selain itu diperlukan pula SDM yang mampu untuk mengelola dan mengembangkan fasilitas yang telah ada untuk dipergunakan dengan sebaik mungkin dalam mengembangkan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi kedepan.



BAB II
PEMBAHASAN

SEJARAH TERBENTUKNYA RADIO DAKWAH DAN KOMUNIKASI (RDK FM)
Radio dakwah komunikasi didirikan pada tahun 2002 di Ciputat Tangerang Selatan, tepatnya berlokasi di kampus II UIN Syarif  hidayatullah Jakarta sebagai Radio Komunitas. Pada tahun 2004 Dedi fahrudin, Isro ayubi rambe, dan Bambang, menjadi inspirator berdirinya RDK dan bertempat di kampus I UIN Syarif hidayullah Jakarta tepatnya di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Lt. Tujuh. Tidak hanya disitu RDK pun pernah beberapa kali ganti Frekuensi Module (FM) di mulai dari tahun 2004 s/d 2007 menjadi 108.0 Mhz pada tahun 2007 s/d 2009 menjadi 91,8 Mhz, Kemudian pada tahun 2009 s/d sekarang mengudara dengan Frekuensi Module 107,7 Mhz. Masalah ini timbul di karenakan tidak sesuai dengan aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan UUD penyiaran Radio Komunitas NO. 32 tahun 2002. Sejak berdirinya Radio ini RDK memilih jalur Frekuensi Module (FM) ketimbang jalur lain untuk pengudaraan di karenakan jalur FM di pilih untuk jangkauan terbatas dan lokasi tanah yang datar. FM  memiliki kualitas Audio yang lebih baik dari pada AM. Faktor gangguan berisik (noise) lebih kecil dan FM menggunakan kapasitas listrik lebih kecil ketimbang AM dengan tegangan yang relatif stabil. Hal ini juga di lakukan untuk meningkatkan mutu siaran dan meningkatkan mutu manajemen yang lebih professional.
TARGET SIARAN
SEGMENTASI SIARAN – 107.7  MHZ RDK FM : Ditujukan kepada para bala muda (listener) dan warga sekitar kampus dengan konsep program acara yang disiarkan
POSISI BAGI PENDENGAR – 107.7 MHZ RDK FM : Hadir sebagai radio yang edukatif dan berfungsi sebagai media informasi ataupun layanan masyarakat sekitar kampus. Hadir sebagai radio yang tanggap terhadap kebutuhan bala muda (listener) dan masyarakat semua tingkat strata
SASARAN – 107.7 MHZ RDK FM : Terbentuk sebagai media informasi yang secara
interaktif dan atraktif melayani kebutuhan bala muda (listener) dan masyarakat sekitar
kampus terhadap kebutuhan informasi, pendidikan, dan hiburan sehingga dapat
melakukan daya cipta dan kreatifitas diri.
LEGALITAS
NAMA STATION                                             : RADIO DAKWAH DAN KOMUNIKASI
FREKWENSI PANCAR                                    : 107.7 FM
JANGKAUAN PANCAR                                  : CIPUTAT, PAMULANG, KEBAYORAN, SAWANGAN, LEBAK BULUS, PONDOK INDAH, RADIO DALAM, BINTARO
PELINDUNG                                                     : DR. H. ARIEF SUBHAN, MA
PENANGGUNG JAWAB                                  : Drs. H. TARMI, MM
STATION MANAGER                                      : LUKMAN AL-HAKIM, S. Sos. I
PROGRAM DIRECTOR                                    : ABDUL AZIZ
VISI, MISI DAN FORMAT
VISI
*      Menjadikan bala kampus (listener) kaya akan informasi, berwawasan luas yang Islami melalui informasi dan edukasi yang di sampaikan.


MISI
*      Mengemas Informasi dan Edukasi yang bernuansa islami secara profesional, interaktif dan inovatif.
*      Menyajikan program-program hiburan yang menarik.
FORMAT KEDEPAN
*      Mencetak kader-kader penyiar yang Islami dan edukatif dalam konteks profesional muda yang atraktif.
FORMAT SIARAN
SEGMENTASI SIARAN
SIARAN KATA                                                                                          20 %
                                                                                General Information    [ :100 % ]
HIBURAN/MUSIK                                                                                    30 %
POP HITS INDONESIA                                                   [ : 70 %  ]
        POP RELIGI                           [ : 30 %  ]
        POP GENERAL                      [ : 40 %  ]
POP HITS BARAT                                                                       [ : 20 %  ]
POP HITS ARAB                                                                          [ : 10 %  ]
BERITA                                                                                                                 40 %
Berita Seputar Kampus                                                                   [ : 50 %  ]
Berita Seputar Kota                                                                        [ : 30 %  ]
Berita Seputar dalam negeri dan luar negeri    [ : 10 %  ]
Berita Entertainment                                                                        [ : 10 %  ]